Java Time Practice

Program untuk mengubah waktu universal menjadi waktu regional menggunakan BlueJ. BlueJ merupakan salah satu alat pengembangan bahasa Java yang secara khusus di-design untuk proses pembelajaran java di level perkenalan. Di dalam BlueJ terdapat suatu fitur yang sangat membantu dalam proses pembelajaran yaitu adanya otomatisasi dalam penggambaran class diagram, sehingga pengguna dapat mendapat esensi dari berpikir dalam OO menggunakan bahasa Java.


Langkah 1 : Buat Kelas untuk time
Kelas pada time ini berfungsi untuk memeriksa waktu yang inputkan yang nanti akan dikirim ke output.



Setelah dibuat kelasnya lalu dibuat fungsinya. untuk Time.java ada beberapa fungsi, yang pertama adalah mengecek input apakah itu format jam atau tidak, jika tidak maka akan keluar output error. yang kedua adalah mengembalikan nilai waktu universal dengan hanya 2 digit. Yang ketiga adalah mengubah waktu universal ke waktu 12 jam (AM PM). Untuk kodenya seperti dibawah ini.



Langkah 2 : Buat Kelas untuk outputnya
Untuk program ini akan dibutuhkan 2 kelas (Class). Kelas ini nantinya akan berfungsi sebagai input dan outputnya maka kodenya cukup seperti dibawah ini.



Langkah 3 : Compile
Setelah selesai maka akan seperti dibawah ini.

 

untuk compile maka harus dibagian compile karena Time.Java tidak memiliki fungsi output. Hasil outputnya akan seperti dibawah ini.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial BlueJ

[Guess Lecture] Fit For The Future: A Sharing of Experience