[Guess Lecture] Fit For The Future: A Sharing of Experience

Keynote Speaker: Ahmadsyah Alghozi (Holly Ghozi) Nugroho (27/08/2019)

Bapak Ahmadsyah Alghazi Nugroho atau yang biasa di panggil Bapak Holi, Beliau merupakan seorang Engineer yang memiliki banyak sekali pengalaman bekerja. Beliau pernah bekerja di Oracle Developer Programmer & DBA, Oracle Trainer (Freelance), VICO, IT Consultans di Landmark, dan kini beliau bekerja sebagai Data Architect di Shell Belanda.
Dalam kuliah tamu kali ini Pak Holi lebih banyak memberikan ilmu-ilmu untuk menghadapi dunia kerja, adapun tips-tips yang diberikannya adalah sebagai berikut:


Get To Know You
Merupakan salah satu cara untuk mengenal orang lain. Tetapi sebelum mengenal orang lain, perlu bagi kita untuk mengenal diri sendiri. Salah satunya mengenal apakah kita termasuk dalam engineer atau scientist. Biasanya para engineer membuat sesuatu untuk belajar. Sedangkan para scientist belajar untuk membuat sesuatu.


Interest
Menemukan interest dari diri sendiri merupakan hal yang sangat penting, dengan interest tersebut kita bisa menumbuhkan semangat untuk mencapai sesuatu itu. Semakin kita tertarik/minat dengan tujuan tersebut, maka secara otomatis kita akan diarahkan maju kedepan untuk menggapainya.

Vision Board
Yaitu dengan menempelkan cita-cita/tujuan kita pada tempat yang sering kita lihat (contohnya cermin). Karena dengan seiringnya waktu berjalan, selalu muncul tujuan-tujuan baru yang sebenarnya tidak penting dan menghalangi tujuan utama kita. Dengan adanya vision board, kita akan selalu teringat dengan cita-cita/tujuan utama kita kedepan.

Adapun hal penting yang patut diketahui oleh mahasiswa yaitu perkembangan dunia industri yang berkembang pesat, adapun perkembangan industri pada tahun 2020 yaitu sebagai berikut:
  1. 5G For you and me
  2. A faster WiFi for a faster world
  3. Analytics are the competitive
  4. AI and Machine Learning become force multipliers for data analytics
  5. Blockchain moves beyond Crypto
  6. RPA catches a second wind
  7. Conversational AI become a legitimate inner face
  8. ACPs transform the laptop market forever
  9. Connected vehicles, autonomous drone and smart cities become our new reality
  10. Xaos, UX/ CX, and privacy: How technology adjacent Digital Transformation trends will take to center stage in 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial BlueJ